Senin, 27 Mei 2013

Latar Belakang landasan kurikulum berdasarkan iptek



Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat. Serta harus disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan jenjang pendidikan.
Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan IPTEK serta kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan.
Perkembangan ilmu dan teknologi saat ini begitu pesatnya, , laju perkembangan itu demikian luasnya hingga hamper mencakup seluruh kehidupan manusia. Khususnya di bidang informasi dan komunikasi inilah yang menjadikan perlunya penerapan iptek di bidang pengembangan kurikulum pendidikan. Pengertian teknologi pendidikan memang bersifat ekletik, yaitu tergantung dari sudut atau disiplin mana kita melihatnya. Apabila dilihat dari sudut pandang teknologi, dapat diartikan sebagai teknologi yang diterapkan dalam bidang pendidikan.
Teknologi pendidikan adalah suatu bidang yang berkepentingan dengan usaha memudahkan proses belajar dengan cirri-ciri khas: (1) memberikan perhatian khusus dan pelayanan pada kebutuhan yang unik dari masing-masing sasaran didik, (2) menggunakan aneka ragam dan sebanyak mungkin sumber belajar, dan (3) menerapkan pendidikan system. (Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan, Yogyakarta, 1980).
Dalam perkembangannya perlu diperhatikan juga tentang keadaan masyarakat Indonesia yang masih dualisme teknologi. Masyarakat Indonesia dalam jumlah terbesar terutama didaerah pedesaan masih menonjolkan sifat tradisionalnya, di samping masyarakat modern yang jumlahnya kecil dalam menggunakan peralatan yang canggih.
Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan yang mencetak kader-kader pembangunan bangsa dituntut dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini.
Oleh karena itu, guru pada era sekarang ini dituntut mampu mengembangkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan tidak ketinggalan zaman, setidak-tidaknya menjadikan iptek sebagai landasan untuk pengembangan kurikulum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar