Selasa, 30 April 2013

Minat Mahasiswa terhadap Karya Tulis Ilmiah


"MINAT PARA MAHASISWA DALAM MENULIS KARYA ILMIAH"

                        Semua orang bisa menulis, tetapi bagi sebagian orang, menulis itu merupakan hal yang sangat sulit, mahasiswa contohnya. Minat para mahasiswa untuk menulis, apalagi menulis sebuah karya ilmiah sangatlah minim bahkan bisa dibilang jarang untuk ukurang mahasiswa yang sudah memiliki wawasan yang luas. Hal itu bisa  disebabkan karena berbagai alasan. Salah satu . alasannya adalah malas. Malas menulis, malas meneliti dan berbagai hal lainnya. Alasan lainnya adalah banyak mahasiswa yang mengganggap menulis sebuah karya ilmiah adalah hal yang mudah, dan bisa di kerjakan dalam waktu satu atau dua hari. Kebanyakan mahasiswa zaman sekarang selalu menganggap menulis karya ilmiah adalah hal yang tidak berguna dan tidak memiliki fungsi apapun.
Kebanyakan Mahasiswa zaman sekarang lebih suka melepaskan bosan dengan teman-teman sebayanya, bermain kesana kemari, wisata kuliner dari berbagai kota ke kota hingga terkadang sering absen kuliah hanya karena hal-hal yang tidak berguna seperti itu.
                        Mungkin jika seorang mahasiswa di beri pertanyaan “mengapa tidak menulis karya ilmiah ??” pasti kebanyakan mahasiswa akan menjawab “banyak tugas” atau “tidak mempunyai waktu luang”, karena mereka selalu menganggap menulis karya ilmiah itu membosankan dan harus mempunyai ide kreatif dari karya ilmiah itu sendiri. Itu kalau kita sudah mempunyai ide dan inspirasi menulis Karya Ilmiah, kalau kita tidak mempunyai? Kita harus mencari, banyak membaca dan membuka wawasan dari segala informasi yang dapat dijadikan bahan untuk menulis. Setelah mendapat ide kreatif dan gagasan, maka selanjutnya akan muncul ide-ide lain silih berganti secara berkelanjutan.
                        Sebenarnya menulis Karya Ilmiah itu merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi Mahasiswa. Selain mendapatkan uang, mereka juga dapat menciptakan suatu Karya Ilmiah yang baru, berupa tulisan yang mungkin dapat menginspirasi orang lain membuat karya ilmiah juga ketika membaca tulisannya.
                        Kenapa di Indonesia lebih sedikit keinginan atau minat untuk menulis karya ilmiah dibandingkan negara tetangga Malaysia yang penduduknya jauh lebih sedikit daripada Indonesia? Mungkin jika dibandingkan dengan negara kita, Malaysia lebih baik dalam hal pendidikan dan non plagiat. Di Malaysia hasil tulisan seseorang pasti akan dihargai. Jika ingin menyaluran hasil tulisan, pasti diberikan jalan agar tulisan itu bisa disalurkan sebagaimana mestinya. Sedangkan di Indonesia? Jangankan dihargai, tulisan di blog saja bisa di copy paste kemana-mana tanpa sepengetahuan penulisnya. Tetapi semua itu bisa dirubah, jika para Mahasiswa di Indonesia lebih berfikir secara terbuka terhadap penting dan bermanfaatnya menulis Karya Ilmiah. Dan Pemerintah Indonesia juga melindungi setiap tulisan-tulisan seseorang yang ingin disalurkan.
                        Oleh karena itu, sayang sekali jika keinginan atau minat menulis karya ilmiah sangat minim jika dibandingkan dengan Negara Malaysia. Padahal menulis itu adalah suatu pekerjaan yang sangat bermanfaat dan berguna. Selain itu juga sangat menguntungkan bagi diri sendiri dan orang lain. Menulis saja adalah suatu pekerjaan yang sangat bermanfaat apalagi menulis Karya Ilmiah yang memberikan inspirasi bagi orang lain.
            Kebanyakan mahasiswa yang memiliki keinginan atau minat yang sangat minim tentang menulis Karya Ilmiah adalah kurangnya keinginan mereka dalam mencari sesuatu hal-hal yang baru disekitarnya, menemukan ide-ide yang baru atau juga mengembangkan Karya Ilmiah yang sebeluamnya dan di revisi hingga menjadi karya Ilmiah yang lebih fresh dan lebih bermanfaat lagi. Besarnya rasa ingin tahu mahasiswa akan menimbulkan perasaan yang selalu ingin mencari hal-hal yang baru. . Rasa ingin tahu inilah yang kemudian dapat menimbulkan gagasan atau ide yang bisa dituangkan dalam sebuah karya ilmiah. Dari situlah maka keinginan dan minat mahasiswa akan semakin tinggi dan kemampuan menulis karya ilmiah para mahasiswa akan menjadi berkualitas, berguna dan terus selalu bermanfaat bagi orang lain yang membaca karya ilmiah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar