Senin, 04 Februari 2013

Cara Menyolder yang baik dan benar


                Hei untuk kalian para mahasiswa elektro, atau siswa smk jurusan elektro/kelistrikan. Pasti disekolah kalian diajari cara menyolder yang benar, nah gua mau sharing nih tentang cara menyolder yang benar.
                Sebelum kita ke topic cara menyolder yang benar, ada baiknya kita paham akan pengertian solder. Solder merupakan peralatan elektronika yang berfungsi sebagai peleleh timah untuk PCB. Ukuran solder yang wattnya terlalu besar akan merusak komponen pada saat disolder, karena terlalu panas. Solder listrik yang biasanya digunakan adalah . ukuran 30watt atau 40watt. Mata solder dapat diganti sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Mata solder harus selalu dalam keadaan runcing dan harus selalu dijaga kebersihannya agar saat pemakaian bisa selalu lancar, selain itu juga dibutuhkan penyangga solder yang berfungsi untuk menyangga solder saat kita break menggunakannya.
                Cara Menyolder yang baik :
1. Tempelkan mata solder mengenai kaki komponen dari jalur PCB mengenai sudut ± 45º kemudian tempelkan timah solder (tenol)dengan arah berlawanan dengan mata solder juga membentuk sudut ±45º.
2) Setelah timah solder mencair secukupnya jangan terlalu banyak) kemudian angkat timah solder.
3) Solder jangan diangkat dulu tunggu hingga timah benar-benar mencair dengan tanda cairan timah mengkilap, kemudian angkatlah solder.
4) Setelah solder diangkat, tiuplah hasil solderan agar cepat kering (dingin) dan mendapatkan hasil yang maksimal
               
Cara menyolder yang benar:
1. Jika ingin mengunakan solder listrik lebih baik yang memiliki ukuran 30 watt atau 40 watt,karena jika wattnya terlalu besar,akan merusak komponen pada saat di solder,karena terlalu panas.
2.      Mata solder dapat di lepas serta digantikan menurut kebutuhan kualitas yang diingkan.


Okee, itu semoga bermanfaat ya :)

4 komentar:

  1. Mau tanya mbak,ko aku kalo nyolder timahnya bukannya malah nempel di kaki komponen tapi malah ngikut disoldernya,salah dimana ya?

    BalasHapus
  2. itu maksudnya kaki komponen (komponennya) gak nempel di pcb ta? kalau iya, itu pcbnya yang kotor, jadi harus dibersihkan dulu biar kalau disolder itu bisa nempel timahnya.. bersihinnya pakek penghapus karet biasa atau amplas..

    BalasHapus
  3. Salam dari anak elektro cirebon :)

    BalasHapus